Thursday, April 26, 2018

Misteri Dari Candi Borobudur, Legenda Sejarah Agama Budha

Misteri Dari Candi Borobudur, Legenda Agama Budha

Situs Bersejarah Candi Borobudur Yang Fenomenal

Seputar Misteri 77 - Candi Borobudur bukan hanya situs bersejarah. Bangunan ini banyak menaruh misteri, yang beberapa masih tetap belum juga teratasi sampai hari ini.

Borobudur dibuat pada saat kekuasaan Raja Samaratungga. Ia adalah satu diantara raja Kerajaan Mataram Kuno dari Dinasti Syailendra, sekitaran era ke-8 masehi. Arsitek pembangunan Borobudur bernama Gunadharma.

Tetapi dengan historis belum juga di ketahui dengan tentu, siapa sesungguhnya Gunadharma ini. Ada peluang kalau Gunadharma adalah lambang, mengacu pada nama seorang yang mempunyai kecerdasan tingkat tinggi. Bahkan juga ada juga yang berasumsi kalau sesungguhnya Candi Borobudur dibuat dengan pertolongan makhluk halus.

Pembuatan Candi Borobudur Yang Megah

Dari terlalu jauh, Borobudur terlihat seperti susunan bangunan berundak. Seperti piramida atau stupa, namun berlainan dari bangunan piramida beda yang telah ada. Pembangunan Borobudur di ketahui membutuhkan sebagian step, yakni :


  1. Step pertama, diprediksikan pada th. 750 sampai 850 Masehi. Jadi step awal dibangunlah tata susun bertingkat. Awalannya serupa piramida berundak, namun lalu alami perombakan. Hal semacam ini di ketahui dari ada tata susun yang sempat dibongkar. 
  2. Step ke-2, terbagi dalam perluasan pondasi. Lantas ditambah dengan dua undak persegi serta satu undak lingkaran yang di beri stupa induk besar. 
  3. Step ke-3, undak atas lingkaran dibongkar serta ditukar tiga undak lingkaran. Stupa-stupa dibuat pada puncaknya, dengan satu stupa besar ada di dalam. 
  4. Step ke-4, dikerjakan perubahan kecil seperti pembuatan relief, perombakan tangga serta lengkungan atas pintu. 

Misteri Dari Candi Borobudur, Legenda Agama Budha

Bentuk Bangunan Candi Borobudur, Yang Unik serta Misterius 

Apabila diliat dari udara (atas), bentuk bangunan Borobudur serupa dengan bunga teratai. Sedang bunga teratai sendiri adalah lambang pemujaan dalam agama Buddha, yang bermakna kesucian. Teratai mengingatkan umat Buddha supaya selalu melindungi fikiran serta hati yang bersih. Seperti teratai yang tetaplah suci, walau hidupnya berkubang didalam lumpur.

Ada impian ilmiah mengenai Borobudur yang di dukung riset geologi. Dahulu, di ruang sekitaran Borobudur ada danau yang saat ini telah kering sekalipun. Danau itu membentang luas di daerah dataran Kedu. Mungkin saja, Borobudur berniat dibuat supaya terlihat seperti teratai yang mengapung diatas air.

Sejarah Dari Candi Borobudur

Menurut kitab-kitab dahulu kala, candi memanglah berniat dibuat di sekitaran tempat bercengkeramanya beberapa dewa. Termasuk juga puncak atau lereng bukit, gunung berapi, dataran tinggi, tepian sungai atau danau, serta titik pertemuan dua sungai.

Borobudur sendiri tersusun dari beberapa ribu mtr. kubik batuan. Satu batu berbobot beberapa ratus kg. Hebatnya, candi ini dibuat tanpa ada semen. Cuma sama-sama dihubungkan pada satu batu dengan yang beda. Penampilan udara Borobudur relatif simetris, meskipun dibuat pada saat saat alat ukur belum juga seberapa mutakhir.

Tidak jauh dari lokasi Borobudur ada Candi Mendut serta Candi Pawon. Uniknya, pada Borobudur, Mendut serta Pawon nyatanya bisa ditarik satu garis lurus yang mengkaitkan lokasi ke-3 candi itu.

No comments:

Post a Comment