Friday, April 20, 2018

Misteri Kapal SS Ourang Medan Yang Melegenda

Misteri Kapal SS Ourang Medan Yang Melegenda

Kisah Legenda Misteri Kapal SS Ourang Medan

Seputar Misteri - Narasi mengenai kapal berhantu umumnya seringkali didapati pada film-film barat. Siapa kira bila nyatanya Indonesia juga miliki narasi sama, Loopers? Tingkah hantu atau bukanlah, misteri tentang kapal SS Ourang Medan belum juga teratasi sampai saat ini. Loop saranin anda janganlah baca cerita ini sendirian, deh. Cobalah merapat ke teman atau saudara anda sebelumnya lanjut baca tulisan Loop ini.

Dari namanya, anda tentu telah dapat menebak, dong, asal kapal SS Ourang Medan? Dalam bhs Indonesia, kapal itu bermakna “orang yang tinggal di Medan”. Meskipun demikian, SS Ourang Medan sebenernya adalah kapal kargo punya Belanda. Karna fenomenal banget, cerita tentang SS Ourang Medan pernah dimuat oleh media Indonesia berbahasa Belanda.

Pesan Misterius Kapal SS Ourang Medan

Pada bln. Juni 1947, dua kapal Amerika bernama SS City of Baltimore serta SS Silver Star yang tengah melintas di selat Malaka memperoleh pesan SOS dari sumber tidak di kenal. Pesan itu berbunyi :

“Semua petugas termasuk juga kapten telah mati, tergeletak di sebagian ruang serta anjungan kapal. Mungkin saja semua kru telah mati. ”

Kemudian, SS Citu of Baltimore serta SS Silver Star terima rangakaian kode morse yang tidak dapat terbaca. Hingga pada akhirnya keluar pesan singkat mengerikan : Saya mati. Sesudah mencari sumber panggilan, mereka menyimpulkan kalau pesan-pesan itu datang dari SS Ourang Medan yang sekali lagi ada di Selat Malaka.
Misteri Kapal SS Ourang Medan Yang Melegenda

Misi Penyelamatan Kapal Silver Star 

Karna jaraknya paling dekat dengan sangkaan lokasi SS Ourang Medan, jadi SS Silver Star lah yang diutus untuk menyelidiki keadaan kapal itu. Waktu menggeledah SS Ourang Medan, kru SS Silver Star temukan mayat bergelimpangan di geladak kapal. Sisa-sisa badan kapten diketemukan dibagian anjungan. Menurut laporan, semuanya mayat mati dengan ekspresi ketakutan serta mata terbelalak.

Kru SS Silver Star tidak temukan bukti terang mengenai kematian awak SS Ourang Medan. Waktu mereka akan menarik serta membawa kapal Belanda itu kembali pada pelabuhan, mendadak keluar ombak yang dahsyat serta tampak asap mengepul dari dek bawah kapal SS Ourang Medan. Untungnya, kru SS Silver Star telah kembali pada kapal saat SS Ourang Medan meledak dengan kemampuan tinggi.

Dipandang Cuma Legenda Rakyat

Anehnya, waktu petugas mencari dokumen tentang ada kapal kargo dengan nama SS Ourang Medan, mereka tidak temukan apa pun. Tersebut mengapa ada yang berasumsi bila cerita SS Ourang medan cuma satu legenda. Tapi, ada juga yang yakin kalau waktu itu SS Ourang Medan membawa kargo berbentuk bahan kimia beresiko sampai berlangsung ledakan dahsyat.

Sebagian yang beda menerangkan terjadinya kebocoran dalam mesin uap kapal SS Ourang Medan hingga semua awak kapal keracunan karbon monoksida yang berbuntut dengan ledakan. Pada th. 1953, keluar hipotesis yang menyebutkan kalau SS Ourang Medan terserang oleh kapal hantu. Tersebut mengapa mereka diketemukan wafat dengan ekspresi ketakutan.

No comments:

Post a Comment